Macam Macam Perbaikan AC Mobil

Merawat AC mobil secara berkala sangat penting agar sistem pendingan suhu kabin tersebut tetap awet dan terjaga performa. Jika AC tak dingin bahkan tak mengeluarkan udara, maka ada masalah di dalamnya. Kondisi ini bisa mengurangi kenyamanan dalam mobil. Bahkan udara AC yang rusak bisa merusak kulit dan menyebabkan flek hitam. Apa itu flek hitam? baca di heystetik.com

AC mobil rusak tentu harus diperbaiki. Terkadang pemilik kendaraan sering menunda membawanya ke bengkel karena takut biaya mahal. Benarkah? Bengkel Service AC Mobil terbaik dengan harga ekonomis di Jakarta hanya di ProQ.id

  1. Bila freon bocor dan perlu penambalan + penambahan

Komponen ini umumnya sering terjadi pada mobil berumur. Hal ini tentunya disebabkan oleh umur masa pakai komponen itu sendiri. Bila kerusakan terjadi pada selang freon yang bocor dan perlu penambalan maka siapkan dana Rp 150.000 hingga 450.000 (tergantung tingkat kebocoran freon itu sendiri). Kemudian untuk penambahan freon akan dikenakan kisaran harga Rp 200 ribu hingga Rp400 ribu (sesuaikan dengan jenis mobil).

  1. AC tidak dingin dan mengeluarkan bau tak sedap

Umumnya penyakit ini juga kerap terjadi pada berbagai jenis mobil. Bau yang dihasilkan itu sangat tidak sedap dihirup ketika AC dinyalakan, seperti bau busuk, bau gosong. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada AC mobil dilakukan pengecekan dan tune up yang dikenakan biaya sekitar Rp 50 rb sampai Rp200 ribu. Lalu biasanya bengkel mematok biaya tambahan sekiar Rp100 ribu sampai 250 ribu untuk melakukan pembongkaran dan pembersihan evaporator, penggantian fiter AC beserta dengan ongkos bongkar pasang.

  1. AC mati

Kasus ini biasanya menjadi momok paling menyeramkan bagi pengguna kendaraan. Sebab pasalnya jika sudah mati harus dilakukan penggantian unit keseluruhan. Hal ini kurang tepat karena AC mobil yang rusak pastinya dapat diservis dan diperbaiki dengan mengganti komponen penyebab kerusakan. Untuk biaya pengecekannya biasanya bengkel membuka harga mulai dari gratis hingga Rp200 ribu. Namun untuk penggantian spare part yang rusak setelah ditemui akar permasalahannya dari pengecekan, bengkel akan mematok perkiraan harga mulai dari Rp 400.000-Rp 2.500.000. Untuk ongkos bongkar pasang bengkel juga memberikan biaya tambahan sekitar Rp 250 rb – Rp 350 rb per unit.

  1. Ditemui AC kadang panas dan kadang dingin dalam posisi stop and go

Jika mobil Anda mengalami hal serupa itu dapat disimpulkan bahwa terdapat komponen yang mengalami gangguan seperti magnetic clutch. Komponen tersebut berada pada dalam kompressor mobil. Untuk biaya perbaikan dan mengganti unit estimasi harga yang perlu Anda keluarkan kisaran Rp400 ribu hingga 900 ribu per unit.

  1. Service AC secara berkala

Biaya pemeliharaan dan service berkala setiap bengkel tentu mematok harga yang beragam. Dimulai dari servis kondensor diperkirakan mengeluarkan kocek sebesar Rp150 ribu sampai 250 ribu. Jika ingin melalukan flushing bengkel biasanya membandrol harga sekitar Rp300 ribu sampai 800ribu per unit. Jika mau melakukan penggantian part dan komponen kecil maka dikenakan tarif sekitar Rp 250.000 -1.000.000 (tergantung parts yang diganti).

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai